Pada
School Experience Program (SEP)
semester ini saya melakukan observasi dan teaching
assistant di SMAN 12 Jakarta Timur.
Hari jum’at 5 oktober 2012 saya dan satu orang rekan saya datang
kesekolah untuk menemui pihak sekolah agar pada hari senin kami bisa langsung
dapat melakukan observasi. Pada hari itu saya bertemu langsung dengan kepala
sekolah dan waka kurikulum. Pihak sekolah sangat welcome terhadap kami terlebih kepala sekolah yang berpesan kepada
saya sebagai mahasiswa matematika agar dapat mengajar matematika dengan
menggunakan bahasa inggris disana serta diharapkan kami yang melakukan kegiatan
observasi dan teaching assistant di
sekolah tersebut dapat menularkan kepada guru-guru disana bagaimana
pembelajaran yang aktif dan students
center.
Senin,
8 oktober 2012 hari pertama saya dan teman-teman observasi disekolah ini, hari
ini kita mengikuti upacara bendera tepat pada pukul 06.30 kita sudah ada di
lapangan. Selesai upacara saya dan satu orang teman saya yang selanjutnya akan
menjadi pair saya saat teaching assistant melakukan observasi
dikelas.XI IPS 3 dikelas ini guru matematikanya mengajar dengan metode ceramah,
anak-anaknya juga cukup kooperatif. Saya pikir dari pembicaraan kepala sekolah
pada hari jum’at, guru disini mengajar matematikanya menggunakan bahasa bilingual tetapi kenyataan yang saya
temukan dikelas ternyata guru mengajarnya dengan bahasa Indonesia. setelah
melakukan observasi dikelas saya dan rekan-rekan dari pendidikan matematika
melakukan diskusi bersama guru pamong
mengenai kelas yang kami observasi tadi. Guru pamong meminta kami mengajar pada
minggu kedua observasi hal ini dikarenakan pada minggu pertama observasi tepat
pada minggu terakhir sebelum UTS dan guru-guru pada minggu ini sibuk
mematangkan materi sebelum UTS sehingga kami belum diberikan izin untuk
mengajar. Setelah diskusi hasil observasi, kami dari pendidikan matematika
diminta guru pamong untuk mengkoreksi hasil ulangan harian siswa kelas X. SEP
saya pada semester ini tidak sesuai dengan jadwal normal yang ada di kampus.
Minggu pertama SEP jatuh pada tanggal 8-12 Oktober 2012 dan minggu kedua pada
tanggal 22-25 Oktober, tetapi pada 15-19 Oktober bukan berarti kami tidak
kesekolah, kami diminta bantuan untuk mengawas siswa UTS sehingga kami tetap
datang kesekolah hanya saja tidak seperti biasanya yang kesepuluh mahasiswa datang
semua, pada UTS kami dibagi menjadi berdua-dua untuk mengawas UTS perharinya
dan saya dan rekan mendapatkan hari kamis untuk mengawas UTS.
Hari
kedua, ketiga, dan keempat kegiatan kami tetap sama dengan kegiatan hari
pertama, kami hanya melakukan observasi sekolah dan lingkungan. Untuk saya dan
teman-teman yang dari pendidikan matematika, kami diberikan tugas untuk
mengkoreksi ulangan-ulangan matematika siswa. Saya dan rekan saya hanya
kebagian dua kali untuk observasi kelas dan itu pun kelas yang berbeda XI IPS 3
dan XI IPS 1. Saya pikir minggu pertama ini adalah minggu yang sangat
membosankan bagi saya, karena yang saya lakukan hanya observasi sekolah. untuk
konsultasi RPP pun belum dapat saya lakukan di minggu pertama karena guru
pamong yang sibuk. Menurut saya jika hanya observasi sekolah 4 hari adalah
waktu yang cukup lama apabila saya tidak melakukan apa pun.
Hari
ke lima saya dan rekan saya melakukan konsultasi RPP, hanya saja dikarenakan
gurunya sibuk maka jadwal konsulasi RPP ditunda sampai minggu depan saat kami
mengawas UTS. Hal ini tentu mengecewakan bagi saya dan rekan saya karena minggu
ini tak ada yang bisa kami persiapkan untuk bahan mengajar kami.
Kamis,
18 Oktober 2012 saya dan rekan saya konsultasi lagi mengenai RPP kami, saya dan
rekan saya telah berusaha memasukan kegiatan active learning dan grouping pada kegiatan pembelajaran
kami. Mulai dari kegiatan roundrobind,
two stay three stray dll. Hanya saja pada saat konsultasi semua kegiatan
tersebut tidak di izinkan oleh guru pamong dengan alasan buang-buang waktu dan
tidak kondusif. Saya kecewa karena saya dan rekan saya hanya diperbolehkan
mengajar dengan metode ceramah saja., bahkan dalam penggunaan LCD, computer dll
sangat tidak di anjurkan. Saya dan rekan saya bingung terutama saya yang telah
mengobrol langsung dengan kepala sekolah yang meminta agar kami menularkan
pembelajaran aktif saya berfikir bagaimana saya dapat menularkan jika RPP saya
yang menawarkan pembelajaran seperti itu saja ditolak semua olehnya. Karena
tidak ingin di anggap tidak sopan dan memang pada dasarnya kami baru belajar
maka kami turuti permintaan guru pamong untuk menghapus kegiatan aktif dan
kelompok.
22
Oktober 2012, hari pertama saya dan rekan saya mengajar. Mengajar kali ini
merupakan tantangan tersendiri bagi kami yang baru pertama kali mengajar
ditambah kebiasaan di kampus yang selalu menggunakan pembelajaran aktif pada
saat role play atau kegiatan lainnya
yang kami harus mempraktekan cara mengajar, sedangkan disini kami mengajar
tidak dengan games, grouping dan
pembelajaran aktif lainnya kami mengajar
dengan metode ceramah dan ceramah yang saya pikir akan sangat membosankan bagi
siswa kami. Saya dan rekan saya mengajar di kelas XI IPS 3 dengan materi
peluang sebelum mengajar saya berdiskusi dengan rekan saya bagaimana caranya
kita dengan tetap menggunakan metode ceramah tetapi siswa yang kita ajarkan
tidak bosan dan mengantuk, maka kami menggunakan koin yang sebenarnya pada saat
mengajar serta berusaha seaktif mungkin bertanya serta melakukan
interaksi-interaksi tehadap siswa sehingga pembelajaran hari tersebut tidak
terasa lama. Di akhir pembelajaran saya dan rekan saya meminta siswa untuk
menuliskan refleksi mereka tentang apa yang mereka pelajari dan mereka rasakan
hari ini. Dari kertas refleksi mereka, saya sangat senang meskipun kami tidak
membuat kelompok dan melakukan kegiatan aktif lainnya siswa kami merasa senang
terhadap pembelajaran, mereka tidak mengantuk dan bahkan ada yang bilang jika
pembelajaran hari ini terasa cepat sekali. Membaca refleksi mereka saya sangat
bahagia dan cukup puas atas apa yang saya dan rekan saya lakukan hari ini.
Setelah
mengajar kami melakukan diskusi dengan guru pamong mengenai pembelajaran hari
ini, ada kritik dan saran dari guru pamong yang menurut saya sangat membangun
dan dapat saya pertimbangkan untuk pertemuan berikutnya, hanya saja mungkin
karena seringnya kami melakukan interaksi guru pamong berkata jika menajemen
kelas kami masih kurang dikarenakan kondisi kelas yang ramai pada saat
pembelajaran tetapi dapat dia maklumi. Saya dapat menerima kritik tersebut
tetapi menurut saya kelas pada hari tersebut tidak begitu ramai, karena jika kelas
begitu diam saya khawatir mereka akan mengantuk oleh sebab itu saya dan rekan
saya mengusahakan agar mereka dapat bebas bertanya terhadap kami dan menjawab
pertanyaan-pertanyaan kami sehingga memang kondisi kelas tidak pernah hening.
Setelah
mengajar dihari pertama saya dan rekan saya langsung mengkonsultasikan RPP kita
untuk hari kedua, belajar dari hari pertama kami minta kepada guru untuk
mengizinkan kami membuat grup dan melakukan kegiatan yang lebih aktif, tetapi
hanya membuat grup saja yang di izinkan itu pun anggotanya tidak boleh lebih
dari empat, padahal dari refleksi siswa yang kami terima di hari pertama banyak
yang meminta belajar dengan game buat
kelompok dan lain-lain namun sayang sekali tetap tak dapat kami wujudkan karena
tidak diberikannya izin khawatir kelas tidak kondusif.
Selasa,
23 Oktober 2012 saya dan rekan saya telah siap mengajar untuk kedua kalinya.
Akan tetapi ternyata hari ini guru pamong tidak dapat hadir sehingga ia tidak
dapat mengobservasi dan memberikan penilaian terhadap kami. Kami masih tetap
mengajar di kelas XI IPS 3 hanya saja kami mengajar bukan materi baru dan tidak
berdasarkan RPP yang kami buat karena RPP yang kami buat akan digunakan di hari
rabu saja. Ia memberi amanah kepada kami untuk tetap masuk dan meriview
pembelajaran sebelumnya serta memberikan latihan-latihan soal dari materi
sebelumnya. Masuk kelas XI IPS 3 di hari kedua disambut hangat oleh mereka
meskipun tidak ada guru mereka tetap respect
terhadap kami, sesuai dengan amanah guru pamong kami tidak memberikan materi
baru kepada siswa, kami hanya meriview pembelajaran kemarin dan membahas soal.
Di tengah perjalanan kegitan pembelajaran ada siswa yang bertanya dan meminta
kami untuk mengulangi materi yang telah lama mereka pelajari namun mereka kurang
paham, kami berusaha menjelaskan kembali namun mereka masih bingung sehingga
saya memiliki inisiatif untuk mempraktekan langsung apa yang belum mereka
pahami tersebut, mereka belum paham bagaimana membedakan permutasi dan
kombinasi lalu kami menjelaskan dengan cara mereka mempraktekan apa yang ada di
soal seperti peluang berjabat tangan ketika menghadiri pesta dll dan
alhamdulilah akhirnya mereka paham dengan praktek sederhana tersebut. 30 menit
sebelum waktu habis siswa meminta kami untuk melakukan games, saya dan rekan saya bingung game apa yang cocok namun mereka tetap mengerjakan soal dan tidak
begitu berisik akhirnya saya pilih games
soal berantai. Jadi pada games ini
siswa diminta membentuk 4 kelompok dan masing-masing kelompok terdiri dari 9
orang, mereka diberikan tugas untuk menjawab soal dengan waktu yang telah
disediakan dan dengan syarat masing-masing anggota kelompok harus mengerjakan
soal tersebut secara berantai.
Waktu
pun habis saatnya kami harus keluar dari kelas namun untuk besok yang lebih
baik kami meminta siswa untuk menuliskan refleksi mereka tentang hari ini.
Membaca refleksi mereka membuat saya terus tersenyum meskipun games dadakan dan kegiatan yang saya
sendiri bingung bagaimana caranya agar tetap membuat siswa kooperatif terhadap
saya dan rekan meskipun tak ada guru, sangat direspon baik oleh mereka bahkan
mereka berkata hari ini matematika sangat menyenangkan. Saya pikir akhirnya
hari ini bisa lebih baik dari kemarin, jika kemarin mereka menuliskan belajar
matematika berasa cepat dan hari ini mereka menuliskan matematika menyenangkan.
Untuk
Rabu saya dan rekan akan mengajar kelas ini lagi namun kali ini mungkin tak ada
game atau kegiatan kelompok lainnya
kecuali menjawab soal karena RPP kami yang memang di batasi untuk kegiatan tersebut.
Saya berharap kegiatan mengajar dan belajar besok akan lebih baik dibandingkan
hari sebelumnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar