Kamis, 01 September 2016

KONTRAS PENGAJARAN DAN PEMBELAJARAN

KONTRAS PENGAJARAN DAN PEMBELAJARAN
Rika Pratiwi

Abstrak: Pengajaran diartikan sebagai proses terjadinya dua aktivitas yang berbeda antara pihak guru dan pihak siswa. Aktifitas guru adalah mengajar yang berperan dan mengupayakan jalinan komunikasi atau interaksi yang harmonis antara kegiatan belajar yang dilakukan oleh siswa. Pembelajaran adalah segala upaya yang dilakukan oleh guru agar terjadi proses belajar pada diri siswa. Secara implisit, di dalam pembelajaran ada kegiatan memilih, menetapkan dan mengembangkan metode untuk mencapai hasil pembelajaran yang diinginkan. Perbedaan yang signifikan antara pengajaran dan pembelajaran, yaitu di dalam pengajaran kegiatan yang dilakukan oleh guru adalah menyampaikan pengetahuan kepada siswa  sedangkan di dalam pembelajaran kegiatan yang dilakukan guru adalah membantu siswa mencapai perubahan struktur kognitif melalui pemahaman.

Kata kunci: pengajaran, pembelajaran, perbedaan pengajaran dan pembelajaran



Pendahuluan
Pengajaran dan Pembelajaran adalah kata yang sering didengar dalam dunia pendidikan dalam proses belajar. Belajar sebagai suatu proses yang kompleks yang terjadi pada diri setiap orang sepanjang hidupnya (Arsyad : 2003 :1). Proses belajar tidak pernah terlepas dari pengajaran atau pembelajaran. Pengajaran dan pembelajaran merupakan dua proses interaksi antara guru dan siswa dalam proses belajar. Akan tetapi, sebenarnya terdapat perbedaan yang signifikan antara pengajaran dan pembelajaran. Perbedaan ini lah yang akan menjadi landasan mana yang akan dipilih oleh guru pada abad ini, boleh jadi guru memilih pengajaran atau pembelajaran. Sebelum memilih pengajaran atau pembelajaran maka terlebih dahulu guru harus mengetahui pengertian pengajaran, pengertian pembelajaran, persamaan dan perbedaan pengajaran dan pembelajaran. Makalah ini akan mengupas mengenai pengertian-pengertian tersebut beserta persamaan dan perbedaannya. Dengan mengetahui pengertian pengajaran dan pembelajaran beserta kesamaan dan perbedaannya diharapkan guru dapat memutuskan yang mana yang akan guru terapkan dalam proses belajar. Sehingga, kegiatan belajar yang dilakukan menjadi kondusif dan berjalan sesuai dengan harapan.

Pengertian Pengajaran
Pengajaran adalah aktivitas yang memiliki tujuan dimana guru berbagi informasi dengan siswa untuk memungkinkan mereka menyelesaikan suatu tugas yang tidak dapat dilakukan oleh siswa itu sendiri. Pengajaran merupakan proses kompleks yang dipengaruhi oleh berbagai unsur termasuk kualitas pengajaran, kecerdasan, bakat dan minat siswa serta pengaruh motivasi, lingkungan sekolah, rumah dan dorongan orang tua terhadap siswa (Bahari & Juliliyana : 2007). Menurut Sudjana (2006) pengajaran merupakan salah salah satu aspek dari pendidikan, yaitu aspek pengetahuan (kognitif). Dari pengertian-pengertian di atas maka pengajaran adalah terjadinya suatu interaksi belajar mengajar antara komponen-komponen pengajaran khususnya antara guru dan siswa, antara siswa dan siswa dan antara guru dan siswa dengan komponen-komponen pengajaran lainnya. Ukuran keberhasilan pengajaran adalah tercapainya komunikasi yang harmonis antara guru dan siswa. Indikator keberhasilan pengajaran lainnya adalah terjadinya perubahan tingkah laku pada diri siswa serta tertanamnya dalam diri siswa tentang kebutuhan dan manfaat akan belajar (Tafsir : 2011).

Pengertian Pembelajaran
Pembelajaran adalah suatu kegiatan yang dirancang untuk mendukung proses belajar peserta didik, dengan memperhitungkan kejadian-kejadian ekseternal yang berperan terhadap kejadian-kejadian internal yang berlaku dalam diri peserta didik ( Winkel : 1991). Menurut Dimyati dan Mudijiono (1999) pembelajaran adalah usaha-usaha yang terencana dalam memanipulasi sumber-sumber belajar agar terjadi proses belajar dalam diri siswa. Dari pengertian-pengertian tersebut maka disimpulkan pembelajaran adalah segala upaya yang dilakukan oleh guru agar terjadi proses belajar pada diri siswa. Pembelajaran lebih menekankan pada cara-cara mencapai tujuan yang berkaitan dengan bagaimana cara mengorganisasikan materi pelajaran, menyampaikan materi pelajaran dan mengelola pembelajaran (Sutikno : 2013). Pembelajaran merupakan suatu proses perubahan yaitu perubahan dalam perilaku sebagai hasil interaksi antara dirinya dengan lingkungannya dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Sistem pembelajaran mencakup tiga aspek menurut Lindgren (1976) dalam Sutikno (2013):
1.      Siswa: siswa merupakan faktor yang paling penting sebab tanpa siswa tidak akan ada proses belajar.
2.      Proses belajar: proses belajar adalah apa saja yang dilakukan siswa selama mereka belajar.
3.      Situasi belajar: lingkungan tempat terjadinya proses belajar dan semua faktor yang mempengaruhi seperti pendidik, kelas, dan interaksi di dalamnya.
dalam proses pembelajaran, kedudukan guru sudah tidak lagi sebagai penguasa tunggal tetapi dianggap sebagai manager of learning yang senantiasa siap membimbing dan membantu para siswa. Peran guru telah berubah yaitu:
-          Dari  penyampai pengetahuan, sumber utama informasi, ahli materi dan sumber segala jawaban, menjadi fasilitator pembelajara, pelatih, kolaborator, dan mitra belajar.
-          Dari mengendalikan dan mengarahkan semua aspek pembelajaran, menjadi lebih banyak memberikan alternatif tanggung jawab kepada setiap siswa dalam pembelajaran.
Sementara itu peran siswa dalam pembelajaran telah mengalami perubahan juga, yaitu:
-          Dari penerima informasi yang pasif menjadi partisipan aktif dalam proses pembelajaran.
-          Dari yang mengungkapkan kembali pengetahuan menjadi menghasilkan berbagai pengetahun.
-          Dari pembelajaran sebagai aktifitas individual menjadi pembelajaran berkolaboratif dengan siswa lain
Tujuan Pembelajaran pada dasarnya kemampuan-kemampuan yang diharapkan dimiliki siswa setelah memperoleh pengalaman belajar. Menurut Sudjana & Suwaria (1991) dalam Rezki (2015) kemampuan tersebut mencakup aspek pengerahuan (kognitif), sikap (efektif) dan keterampilan (psikomotor).


Persamaan Pengajaran dan Pembelajaran
Persamaan pengajaran dan pembelajaran yaitu:
-          Pengajaran dan pembelajaran merupakan proses utama dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Pengajaran maupun pembelajaran merupakan aktivitas yang paling utama, karena merupakan psoses komunikatif-interaktif antara sumber belajar, guru, dan siswa yaitu saling bertukar informasi.
-          Pengajaran dan pembelajaran menggunakan guru sebagai pelaku, transfer dan pembimbing. Peran yang dimiliki oleh seorang guru dalam tahap ini adalah sebagai fasilitator dengan kata lain ialah sebagai pelaku dalam pentransferan pengetahuan sekaligus sebagai pembimbing dan menjadi fasilitator yang baik.
-          Pengajaran dan pembelajaran memiliki tujuan yang sama yaitu untuk perubahan atas sikap dan perilaku untuk memperoleh suatu perubahan yang dilakukan secara sadar. Selain itu, pengajaran dan pembelajaran juga bertujuan untuk memperoleh sesuatu yang lebih baik dari sebelumnya dan menetap dalam tingkah laku sebagai akibat atau hasil dari pengalaman yang lalu dan latihan berinteraksi dengan lingkungannya.
-          Pengajaran dan pembelajaran akan dapat mencapai tujuan jika pembelajaran bermakna dengan pengajaran yang tepat.
Perbedaan Pengajaran dan Pembelajaran
Adapun perbedaan antara pengajaran dan pembelajaran adalah:
-          Pengajaran adalah kegiatan yang dilakukan guru dalam menyampaikan pengetahuan kepada siswa. Pengajaran juga diartikan sebagai interaksi belajar dan mengajar. Pengajaran berlangsung sebagai suatu proses yang saling mempengaruhi antara guru dan siswa
-          Pembelajaran adalah usaha membantu siswa atau anak didik mencapai perubahan struktur kognitif melalui pemahaman. Psikologi humanistik, pembelajaran adalah usaha guru untuk menciptakan suasana yang menyenangkan untuk belajar, yang membuat siswa membutuhkan belajar.
No.
Pengajaran
Pembelajaran
1
Dilakukan oleh mereka yang berprofesi sebagai guru
Dilaksanakan oleh mereka yang dapat membuat orang belajar
2
Tujuannya menyampaikan informasi kepada siswa
Tujuannya agar terjadi belajar pada siswa
3
Merupakan salah satu penerapan strategi belajar
Merupakan cara untuk mengembangkan rencana yang terorganisisr untuk keperluan belajar
4
Kegiatan belajar berlangsung jika ada guru
Kegiatan belajar berlangsung dengan ada atau tanpa adanya guru

Kesimpulan
Pengajaran dan pembelajaran memiliki keterkaitan satu sama lain yang memiliki tujuan yang sama. Pengajaran dan pembelajaran adalah bagian dari pendidikan. Pengajaran proses pendidikan yang sebelumnya direncanakan dan diarahkan untuk mencapai tujuan serta dirancang untuk mempermudah belajar. Sedangkan pembelajaran adalah proses transfer ilmu pengetahuan, dengan tujuan mendapatkan perubahan tingkah laku pada peserta didik setelah memperoleh pengetahuan.

Daftar Pustaka

Arsyad, Azhar. 2003. Media pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers

Bahari., M & Juliliyana., M., J. 2007. Siri pengajian dan pendidikan utusan bahasa melayu. Selangor Darul Ehsan : Kim Guan Press Enterprise SDN BHD

Dimyati & Mudijiono. 1999. Belajar dan pembelajran. Jakarta : PT Rineka Cipta

Sudjana, N. 2006. Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung : Rosdakarya

Rezki, A. 2015. Komponen-komponen dalam pembelajaran. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Walisongo, Semarang

Sutikno, Sobry. 2013. Belajar dan pembelajaran. Lombok: Holistica

Tafsir, Ahmad. 2011. Metodologi pengajaran agama islam. Bandung : PT Remaja Rosdakarya


Winkel, W.,S. 1991. Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah. Jakarta : PT. Grasindo. Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar